Cara Mengecek & Memperbaiki Bendik Stater Rusak

2 min read

Cara Mengecek & Memperbaiki Bendik Stater Rusak

Cara Mengecek & Memperbaiki Bendik Stater Rusak Bagi pengguna sepeda motor, cara mengecek dan memperbaiki bendik stater rusak merupakan sesuatu yang harus Anda pahami karena bendik merupakan bagian yang cukup penting pada sistem stater sepeda motor.

Secara umum, elektrik stater sepeda motor terdiri atas saklar, aki, bendik dan dinamo stater.

Jika salah satu komponen tersebut rusak, maka Anda tidak bisa menyalakan mesin sepeda motor.

 

Cara Mengecek & Memperbaiki Bendik Stater Rusak

 

Cara Mengecek & Memperbaiki Bendik Stater Rusak

 

Salah satu bagian sistem elektrik stater yang sering mengalami masalah yakni bendik. Karena bendik berfungsi untuk memicu aliran listrik dari aki menuju dinamo meter.

Jika bendik sepeda motor rusak, tentu saja tidak ada arus listrik yang mengalir ke dinamo stater. Cara mengecek & memperbaiki bendik stater rusak yakni :

 

Baca Juga : Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

 

1. Pastikan aki motor Anda dalam kondisi prima.

Langkah pertama cara mengecek/memperbaiki bendik stater rusak adalah lakukan pengecekan aki motor Anda.

Untuk melakukan pengecekan tersebut, Anda bisa menggunakan alat atau cukup dengan perkiraan. Melakukan pengecekan dengan perkiraan bisa Anda lakukan dengan memantau lampu indikator pada panel speedometer.

Jika lampu sen dinyalakan maka otomatis panel speedometer berkedip. Jika lampu sen berkedip tidak terlalu redup, maka kemungkinan baterai atau aki ada masih bagus.

Tetapi jika indikator lampu sen speedometer nyalanya redup, kemungkinan aki atau baterai sepeda motor anda bermasalah.

Sedangkan jika ingin melakukan pengecekan dengan alat, Anda bisa menggunakan alat bernama ampere meter.

Caranya dengan mengecek arus yang keluar dari aki motor, apakah nilanya sama dengan yang tertulis di badan aki ataukah tidak.

Jika sama maka bisa dipastikan kondisi aki masih baik. Tetapi jika aki lebih kecil dibanding kapasitas yang tertera di badan aki, bisa dikatakan aki motor Anda bermasalah.

 

2. Pengecekan pad bagian dinamo stater

Cara mengecek/memperbaiki bendik stater rusak yang kedua yakni dengan melakukan pengecekan pada bagian dinamo stater.

Komponen dinamo stater bisa menentukan apakah dinamo stater sepeda motor Anda rusak atau tidak. Caranya yakni dengan menghidupkan mesin sepeda motor menggunakan elektrik stater.

Jika dinamo stater sepeda motor mengeluarkan berbunyi kasar, kemungkinan dinamo staternya bermasalah.

Dengan menyalakan mesin memakai elektrik stater juga Anda bisa mengetahui apakah bendik mengalami kerusakan atau tidak.

Jika bendik rusak, ketika Anda menekan tombol stater, tidak ada reaksi apapun. Ini terjadi karena arus listrik yang harusnya mengalir ke dinamo meter mengalami hambatan dan hanya berakhir di bendik motor.

Setelah melewati berbagai cara diatas dan hasilnya bendik sepeda motor Anda rusak. Selanjutnya Anda bisa mencoba memperbaiki bendik yang rusak tersebut.

Cara mengecek/memperbaiki bendik motor yang pertama, lepas connectorkabel elektrik yang menuju bendik stater. Kemudian lepas kabel menuju bendik menggunakan solder.

Setelah semua kabel terlepas, langkah selanjutnya bongkar bagian bodi bendik. Lalu ampelas ujung kutub bendik yang bertujuan membersihkan bagian yang kotor dan sudah berkarat sehingga arus listrik bisa mengalir dengan baik.

Gunakan ampelas yang halus agar tidak merusak komponen bendik. Anda juga bisa meregangkan pegas-pegas yang terdapat pada bendik.

Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai pegas tersebut patah. Terakhir pasang kembali bendik pada tempatnya.

Usahakan lakukan pemasangan menggunakan solder di beberapa bagian yang rentan agar bisa terpasang dan merekat kuat.

Baca Juga :

Nah, itu dia cara mengecek & memperbaiki bendik stater rusak. Dengan membaca artikel diatas, diharapkan Anda bisa memperbaiki sendiri bendik motor yang rusak.

Dengan mengaplikasikanya, wawasan Anda di bidang otomotif juga semakin bertambah.