Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Bocor, Rusak Atau Mati

3 min read

ara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor

Memperbaiki Shock Belakang Motor Bocor & Rusak Sebagai pengguna sepeda motor, pasti anda sudah kenal betul dengan spare part yang satu ini, yaitu shock breaker. Pada sepeda motor shock breaker ada dua jenis yaitu shock belakng dang shock depan dan bentuknya pun berbeda.

Shockbreaker merupakan komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai pelindung komponen diatasnya dari berbagai macam  getaran dan hentakan.

Apabila sepeda motor sering terkena benturan dan hentakan, tentu saja akan membuat shockbreaker yang digunakan akan cepat rusak.

Fungsi shockbreaker tidak kalah penting dengan fungsi gear pada motor. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa kedua komponen sepeda motor ini merupakan komponen yang saling berkesinambungan.

 

Rekomendasi : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat

 

Jika shockbreaker sudah keras dan sudah tidak nyaman lagi, baik itu shock depan atau belakang, maka bisa dipastikan shockbreaker tersebut ada masalah atau bahkan mengalami kerusakan dan bisa jadi malah bocor.

Shock belakang yang sudah keras wajib untuk diperbaiki. Karena akan dapat mengembalikan ke fungsi semula dan membuatnya nyaman kembali untuk digunakan.

Agar shockbreaker tetap awet, sebaiknya anda meminimalisir atau memperkecil benturan dan kejutan saat berkendara.

Misalnya saja dengan tidak melewati jalan berbatu dan berlubang. Namun jika tidak ada jalan lain, anda bisa melewatinya dengan pelan-pelan dan hati-hati.

Karena jika speda motor yang kita gunakan sering mengalami benturan akan memperpendek usia shockbreaker dan komponen lainnya.

 

Cara Kerja & Penyebab Shock Breaker Motor Bocor & Rusak

 

ara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor

 

Tabung oli yang ada pada shockbreaker adalah komponen yang sangat penting. Karena didalam tabung tersebut ada sebuah katup yang bertugas mengontrol aliran oli.

Dengan adanya komponen tersebut akan membuat adanya gerak ayun yang melambat pada motor yang disebabkan oleh aliran oli pada tabung shockbreaker yang diperlambat oleh katup yang ada didalamnya.

Ukuran lubang katup pada tabung shockbreaker tersebut sangat kecil dan juga sempit.

Jika oli yang ada di dalam tabung shock sudah berkurang dari kapasitas yang semestinya, maka akan membuat shockbreaker tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal dalam meredam kejutan dan hentakan.

Untuk mengetahui apakah shocbreaker mengalami masalah, bocor atau bahkan sudah tidak nyaman lagi untuk digunakan, anda bisa menggunaan beberapa cara berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengatasi Oli Keluar dari Pernafasan Mesin

  1. Jika terdapat rembesan oli pada tabung shock, itu menandakan bahwa shockbreaker bocor. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti AS shock, kemudian mengganti oli dengan yang baru dan mengisinya kedalam tabung shock tersebut sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.
  2. Saat dikendarai motor sudah tidak nyaman dan terkadang oleng kesamping akan atau kiri dengan sendirinya. Padahal kita dalam posisi yang lurus, maka bisa dipastikan ada masalah pada shockbreakernya.
  3. Sudah tidak nyaman ketika digunakan berkendara bahkan terasa keras ketika meleti jalanan berbatu atau jalanan yang tidak rata.
  4. Sudah batasan waktu unutk mengganti oli shockbreaker depan dan juga belakang. Batas pergantian oli tersebut adalah ekitar 15.000 kilometer.

 

Kebocoran yang dialami oleh shock belakang disebakan karena sil shock sobek atau AS shock sudah aus. Cara agar shock belakang tidak mudah bocor adalah dengan cara membersihkannya secara rutin dan merawatnya dengan benar.

Apabila anda berkendara pada kondisi jalan yang berdebu atau berpasir, usahakan setelahnya anda bersihkan dengan mencucinya, karena debu debu yang menempel dapat menggores As shock breaker tersebut.

 

Cara Memperbaiki Shock Belakang Bocor, Rusak Atau Sudah Mati

 

ara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor

 

Apabila shock belakang sepeda motor anda sudah terlanjur bocor dan rusak, sebainya anda jangan terburu-buru membawa ke bengkal atau deler terdekat untuk menggnatinya.

Karena dengan membawanya ke bengkel atau kedeler akan mengeluakan biaya yang tidak sedikit.

Agar tidak mengeluarkan dana yang lumayan besar, anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah, dengan cara mengikuti tutorial cara memperbaiki shock belakang motor Bocor, Rusak Atau Sudah Mati, yang kami bagikan berikut ini.

 

Perlengakpan dan Alat yang Dibutuhkan

Siapkan terlebi dahulu peralatan yang dibutuhkan berikut ini :

  • Kunci pas, ring serta shock berukuran 8 mm, 14 mm, dan 17 mm.
  • Kunci L6 mm
  • Obeng plus dan min
  • 5 kunci bintang berukuran T 40
  • Oli shockbreaker
  • Oil seal berukuran 26 x 37 x 10
  • Lap bersih atau bisa juga menggunkan kanebo

 

Langkah-langkah Memperbaiki Shock Belakang Rusak

Cara utama untuk memperbaiki shock belakang sepeda motor yang rusak adalah dengan melalui tahap perbaikan terlebih dahulu.

Hal ini untuk menentukan tingkat keparahan masalah yang dialami oleh shock belakang sepeda motor Anda.

Lakukan langkah-langkah di bawah ini dengan hati-hati dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Lihat Juga : Cara Merubah Arus Ac ke Dc Pada Motor dengan Mudah

  1. Pertama lepaskan roda dengan piston, rem dan mudguard. Tentu saja ini untuk memudahkan proses perbaikan.
  2. Lepas baut 14mm sehingga bumper belakang sepeda motor dua sisi dapat dibersihkan.
  3. Bongkar shocbreakernya dengan cara cara menekan bagian atas pada penutup shock, kemudian congkel ring (cincin) penguncinya.ara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor
  4. Setelah itu, lepaskan per yang ada di dalam tabung, lalu segera tuang keluar oli yang ada didalamnya
  5. Agar oli keluar semua, Anda bisa mengocoknya lagi dan lagi.ara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor
  6. Keluarkan tabung shockbreaker yang ada di dalam, gunakan kunci L6 mm, kemudian lepaskan baut L di bawah tabung shock bagian luar.
  7. Setelah tabung shock bagian dalam telah dilepaskan, sekarang ambil rebound spring serta damper rodnya. Kemudian lakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah masih bagus atau tidak.
  8. Jika seal shock bocor, maka seal tersebut harus diganti. Tanda seal shock bocor terlihat pada bagian pipa mengkilap karena terkena minyak.
  9. Saat seal shock yang baru, lakukan dengan hati-hati dan jaga agar tetap datar dan tidak miring.
  10. Selanjutnya saat pasang seal oli dengan menggunakan bantuan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shock bisa masuk dengan rata.
  11. Pasang kembali ring (cincin) pengunci dan penutup karet shockproof, kemudian pasang tabung shock dalam serta rebound spring dan dampernya, lalu putar baut pengikat L6mm agar tertutup rapat.
  12. Kemudian isi tabung shock dengan oli, coba ukuran yang sama sekitar 64 mililiter.
  13. Kemudian Pasang per shock dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang di bagian bawah serta ulir rapat bagian atas.
  14. Selanjutnya pasang kembali tutup shockbreaker atas dan ring pengunci, sebaiknya pasang terlebih dahulu kedua shockbreaker motor kemudian kencangkan baut pengunci, agar pengerjaan lebih cepat serta mudah
  15. Pemasangan tutup shock sebaiknya dibarengi dengan menekan menggunakan obeng sekaligus dipasang pengunci saampai terdengar bunyi clik.
  16. Jika sudah diperbaiki, pasang kembali spakbor atau bagian lain dari sepeda motor yang telah dilepas dan bersihkan dengan kain.
  17. kemudian uji motor dengan mengendarainya di jalan yang tidak rata.

 

Itulah tadi penjelasan tentang tutorial cara memperbaiki shock belakang motor bocor dan juga rusak bahkan yang shock yang sudah mati.

Artikel Menarik lainnya :

Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu anda dalam meperbaiki shock belakang motor yang bocor dan yang sudah rusak.

Kunjungi terus IDMotoblog untuk tutorial dan informasi mengenai dunia otomotif lainnya. terimakasih telah berkunjung.