Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Tips dan Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan BensinKehabisan bahan bakar memang bukan hal yang lumrah terjadi. Kejadian ini hanya akan dialami apabila orang mengira bahwa motor dengan bensin limit masih bisa digunakan hingga pada tujuan berikutnya.

Atau hanya bagi orang yang menginginkan untuk mengisi bensin di tempat tertentu, seperti POM bensin.

Walaupun jarang ditemui, kehabisan bahan bakar di tengah jalan bukanlah hal yang menyenangkan dan sangat merepotkan, apalagi bila tempat mogoknya jauh dari bengkel atau tempat servis lainnya.

Sepeda motor keluaran terbaru saat ini baik itu matic, bebek, mapun sport rata-rata sudah mengunakan teknologi injeksi.

Meskipun teknologi injeksi banyak sekali keunggulan dan manfaatnya, namun ada pro dan kontra yang mengatakan bahwa motor injeksi pantang sekali kehabisan bensin, karena bisa menyebabkan fuel pump rusak.

 

Apakah benar demikian? Yuk kita simak penjelsan lengkapnya

Mesin injeksi semakin lama itu semakin mengalami perkembangan, tidak sama seperti pertama keluar dulu. Jika habis bahan bakar hanya bisa membuat mesin mogok karena tidak ada suplay bahan bakar, dan selebbihnya tidak membuat kerusaan berak pada mesin tau komponen motor yang lainnya.

Saat ini teknologi injeksi memang semakin terus mengalami perkembangan. Ketika kadar bahan bakar sudah mulai menipis, maka sistemnya akan menurunkan tekanan fuel pump. Hal ini akan menimbulkan efek motor sedikit tersendat, dan hal ini lah yang menjadi warning bagi yang mengendarainya.

Jika sudah seperti itu dan masih diteruskan berjalan, dana bahan bakar haabis maka sistem akan langsung mematikan pasokan bensin ke fuel pump.

Dengan fuel pump yang otomatis mati tersebut, maka kerjanya tidak berat lagi. Hal ini bisa diartikan bahwa ada sistem yang bertugas untuk mengunci dalam kondisi kehabisan bensi.

Lalu bagaimana cara untuk menghidupkan motor injeksi yang sudah terlanjur behabisan bensin ?

Berikut cara menghidupkan motor injeksi kehabisan bensin yang mudah dilakukan.

 

Tips dan Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Tips dan Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Ada anggapan bahwa apabila motor dengan jenis injeksi tidak boleh kehabisan bahan bakar, sebab bisa mengakibatkan kerusakan, kegagalan fungsi mesin dan lain sebagainya.

Namun, anggapan tersebut tidak dibenarkan oleh beberapa pakarnya. Memang benar apabila kehabisan bahan bakar, maka motor injeksi akan sulit dihidupkan. Tetapi terdapat hal tersebut bukan karena rusak atau ada kesalahan teknis lainnya.

Pada teknologi motor injeksi EFI memungkinkan masuknya udara kedalam selang bensin, apabila bahan bakar habis.

Baca Juga : Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Adanya udara dalam selang tersebutlah yang memicu kesulitan dalam menghidupkan atau menstater motor jenis injeksi. Kondisi ini tidaklah berbahaya, sebab motor dapat membuang secara otomatis udara di dalam selang.

Banyak orang bertanya-tanya tips mudah atau cara menghidupkan motor injeksi kehabisan bensin di tengah jalan. Pertanyaan ini muncul karena hal tersebut bisa terjadi pada keadaan darurat.

Terutama pada saat-saat yang mengharuskan seseorang untuk terburu-buru. Sehingga Kehabisan Bensin pada motor injeksi sangat merugikan.

 

1. Mengisi Bensin

Tips dan Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Hal pertama dalam mengikuti cara menghidupkan motor injeksi kehabisan bensin yakni dengan mengisi bensin.

Tanpa mengisinya dengan bahan bakar terlebih dulu, motor Anda tetap tidak akan bisa dijalankan. Karena bensin adalah sumber kehidupan bagi kendaraan.

 

2. Putar Kunci Pada Mode Hidup (ON)

Tips dan Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Langkah selanjutnya adalah memutar kunci pada mode ON atau ke arah Anda menghidupkan motor. Biarkan kunci tetap pada posisi tersebut sampai beberapa saat.

Apabila Anda mendengar bunyi atau suara-suara dalam tangki, berarti sedang ada proses memompa bahan bakar pada tempat seharusnya.

Bahan bakar akan terpompa secara perlahan-lahan, jadi Anda perlu menunggunya dengan sabar.

 

3. Putar Kunci Pada Mode Off

Setelah bunyi pompa tidak terdengar lagi, Anda bisa memutar kunci pada mode Off. Pastikan saat Anda memutar kunci, bunyi-bunyi tersebut benar-benar tidak terdengar.

Sebab apabila Anda menghentikannya di tengah jalan, proses memompa dapat terganggu dan motor injeksi harus kembali memulai ulang prosesnya dari awal.

 

4. Menghidupkan Motor Injeksi

Cara menghidupkan motor injeksi kehabisan bensin yang terakhir yakni dengan menstater atau menghidupkan motor.

Hidupkan motor hanya dengan cara biasa, jangan melakukan cara lainnya seperti menggoyang atau melakukan hal kekerasan pada motor Anda.

Apabila setelah melakukan beberapa proses tersebut mesin motor injeksi tetap tidak mau menyala, Anda bisa mengulangi langkah kedua dan ketiga secara berulang-ulang hingga mesin motor mau menyala kembali.

 

Tips Untuk Anda

Sebisa mungkin jagan membiarkan tangki bahan bakar motor anda memiliki isi yang minim untuk berjaga-jaga jangan sampai kehabisan BBM. Meskipun tidak secara langsung memnimbulkan kerusakan yang ekstrim, jika sering mengalami kehabisan bensin maka bisa membuat usia injeksi bisa berkuran.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa langkah dan cara menghidupkan motor injeksi kehabisan bensin. Perlu diketahui bahwa proses pengulangan langkah pada tahap akhir tersebut tidak akan mengganggu kinerja motor.

Pengulangan proses tersebut hanya untuk menyempurnakan proses bleending yang belum selesai dengan sempurna.

Sehingga apabila ditemukan kesalahan teksi dalam mesin, itu bukanlah sebab kehabisan bahan bakar, tetapi karena terdapat masalah lain yang terjadi pada motor injeksi Anda.

Janga lupa untuk kunjungi terus Idmotoblog, agar anda tidak ketingglan informasi menarik lainnya seputar otomotif. Terimkasih sudah mampir.