Letak, Kode & Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil

3 min read

Letak, Kode & Fungsi Sekering Pada Kelistrikan Mobil

IDMotoblog Letak, Kode & Fungsi Sekring Mobil – Setiap kendaraan pasti memiliki karakteristik masing- masing, begitu juga dengan mobil. Untuk mengetahui karakteristik dari mobil yang kita miliki tentu saja membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk memahaminya.

Sebagai contoh jika ada kendala pada sistem pengapian atau kelistrikan  mobil, seperti lampu depan mati. Jika kita tidak mengetahui apa – apa tentang sistem kelistrikan pada mobil, maka kita akan bingung sendiri untuk mencari penyebab untuk memperbaikinya.

Dalam permasalahan tersebut, ada 2 hal yang harus anda cek untuk mengetahui penyebabnya. Selain lampu, anda juga harus mengecek kondosi sekringnya.

Jika anda penegndara motor, maka wajib membaca ini : Mengenal Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor

Anda juga harus berhati-hati dan juga agar ketika mencari penyebab dari masalah tersebut diseputaran kotak sekring dapat ditemukan tanpa kesalahan.

Anda harus teliti dan berhati hati tentu saja ada alasannya. Karena sekring memiliki kode khusus yang dibuat untuk penentu kapasitas dari sekring itu sendiri.

Lalu bagaimana cara mebasa kode sekring dan menentukannya?

Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut sampai selesai agar anda bisa membaca dan menentukan kode sekring tersebut.

 

Letak, Kode & Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil

 

Letak, Kode & Fungsi Sekering Pada Kelistrikan Mobil

 

Sekring Dua Kotak

Untuk mobil keluaran terbaru pada saat ini rata-rata sudah menggunakan lebih dari satu kotak sekring. Misalnya saja letak skring pada mobil Ayla dan Agya, kode skring pada Kijang Kapsul, kode skring pada Innova.

Jenis – jenis sekring pada setiap mobil pun berbeda-beda. Misalnya saja pada kotak yang berada didalam ruangan mesin, anda akan menemui beberapa sekring seperti sekring H-LP RH dan H LP LH untuk head lampu kiri dan kanan.

Pada mobil terdapat juga skring TAIL yang memadukan lampu-lampu kecil yang berada di belakang mobil, depan dan plat nomor.

Jika lampu-lampu tersebut kecil tiba-tiba mati, maka Anda dapat langsung memeriksa sekring tersebut.

Sekring lampu terletak dibawah kemudi. Seperti letak sekring lampu depan, lampu kabin, lampu sein serta lampu Hazard  pada mobil Avanza letak dibawah kemudi.

Selain itu, pada mobil terdapat juga sekring AC (A/C), dan juga Power window (POWER) lebih besar, serta  buat central lock (D/L) dan sebagainya.

Letak dari sekring lampu lainnya juga berada dibawah kemudi. Misalnya saja letak skring pada lampu depan, letak sekring lampu kabin dan lampu Hazard pada mobil Avanza sama – sama berada dibawah kemudi.

Selain itu, terdapat juga sekring AC (A/C), sekring Power window (POWER) lebih besar, dan juga sekring buat central lock (D/L) dan masih banyak yang lainnya.

 

Cara Mengecek Sekring yang Benar

Ketika akan melapas skring sebaiknya anda menggunkan alat khusus untuk melepasnya, biasanya sudah ada dan disediakan disebelah kiri.

Cara Mencabut Sekring yang benar

Kita ambil contoh mobil Avanza yang memiliki 2 kotak sekring yang teletak di ruang mesin, lebih tepatnya berada dibagian kanan atas.

Pada kota sekring tersebut ada beberapa skring yang tidak terhubung langsung kekomponen kelistrikan, serta terdapat beberapa modul yang mengaturnya.

Jika anda asal-asalan mencabut sekring, maka bukan tidak mungkin anda akan masuk ke mode fail save.

Sebenarnya yang bisa anda pegang hanya beberapa sekring saja yang ada di dasbor kiri, seperti sekring audio (MIRROR dan AUDIO) atau POWER SOCKET.

Selanjutnya seraya menyebut Transmission Control Module, Engine Control Module, IPDM-ER, Body Control Module, EPS Control Module dan yang lainnya.

 

Baca Juga :

 

Fungsi Sekring Mobil

Sekring memiliki fungsi untuk memutus arus berlebih dan juga untuk mencegah terjadinya korsleting pada sistem kelistrikan mobil terutama pada rangkaian kabel.

Apabila anda sudah mengganti sekring, namun lampu mobil anda mati atau putus lagi, sebaiknya anda membawa ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Sebagai contoh, apabila terjadi korslet pada jalur kelistrikan atau pada kabelnya secara tiba-tiba dan menyebabkan arus listrik mengalir melebihi kapasitas yang sudah ditentukan, maka sekring tersebut akan menunjukkan perannya.

Kapasitas maksimal arus bisanya sudah tertulis pada bodi skring yang digunakan tersbut. Oleh sebab itu, sekring pada kendaraan bermotor khususnya mobil merupakan komponen yang begitu penting.

Karena akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran yang diakibatkan korslet yang terjadi pada jalur kelistrikan.

Sekring juga memiliki fungsi sebagai pemutus arus listrik apabila mengalami kelebihan arus yang melewati skring tersebut.

Dengan kata lain sekring merupakan sebuah alat pengaman untuk mencegah terjadinya kebakaran pada sistem kelistrikan kendaraan.

 

Ukuran Sekring Mobil Berdasarkan Warna

  • 7,5 Ampere : Coklat
  • 10 Ampere : Merah
  • 15 Ampere : Biru
  • 20 Ampere : Kuning
  • 25 Ampere : Putih
  • 30 Ampere : Hijau
  • 45 Ampere : Orange

 

Note :

  • Sekring dengan ukuran 45 Ampere yang memiliki bnetuk pipih (gepeng) jarang sekali di temukan, karena memang jarang dipakai untuk kelistrikan mobil.
  • Sekring mobil yang berukuran diatas 30 Ampere lebih banyak menggunakan sekring dengan tipe kotak.
  • Sekring dengan ukuran 45 Ampere berbentuk gepeng lebih mudah ditemukan, biasanya digunakan untuk sekring UPS PC.

 

Tips Menggunakan Sekring Mobil

Agar sekring mobil anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, anda harus mengerti beberapa hal berikut ini :

  • Jangan menyambung sekring mobil dengan kabel biasa. Hal ini bertujuan agar sasambungan yang sudah ada tidak longgar karena bisa menyebabkan panas berlebih yang berakibat rumah sekring bisa meleleh.
  • Jika sekring mobil anda sudah rusak, segera ganti dengan menggunakan ukuran yang sama, baik itu dari ampere dan juga ketebalan sekring bentuk gepeng agar tidak longgar.
  • Karena jika longgar, akan menimbulkan panas berlebih, yang akan menjadikan rumah sekring (fuse) meleleh yang akan membawa masalah baru pada kendaraan anda.

 

Demikian penjelasan tentang  Letak, Kode & Fugsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil yang bisa admin sampaikan untuk anda.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Terimakasih sudah berkunjung.