Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat

3 min read

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Ketika pertama kali anda membeli sepeda motor baru dan kemudian mengendarainya, pasti anda akan merasakan sensasi mesin yang halus dan juga bersih mengkilap pada bentuk mesinnya. Tapi seiring dengan berjalannya waktu pasti mesin motor terebut akan kotor dan bahkan bisa berkerak.

Hal ini bisa terjadi karena sepeda motor yang Anda gunakan biasanya melewati medan yang berat, sehingga debu dan kotoran lain di sekitar jalan berpindah dan menempel pada bodi mesin tanpa anda menyadarinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan blog mesin motor. Terdapat cara yang mudah dan ada juga cara yang membutuhkan alat khusus.

Pasti anda pernah melakukan saat mencuci motor tidak membersihkan semua noda yang terlanjur membandel dan tidak mau hilang.

Baca Juga : Letak, Kode & Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil

Noda – noda inilah yang lama kelamaan terkumpul dan akan menjadi kerak yang akan sangat sulit untuk dibersihkan dengan menggunakan cara standar.

Karat dan kerak adalah jenis kotoran yang paling umum menempel pada blok mesin motor. Hal tersebut bisa terjadi karena posisi mesin berada di bagian luar yang langsung berinteraksi dengan udara bebas, yang bisa menyebabkan debu dan kotoran lain menempel pada permukaan luar mesin.

Terlebih lagi jika ada rembesan oli dipermukaan blok mesin yang membuat debu dan kotoran semakin mudah menempel.

Sedangkan karat berasal dari reaksi kimia antara air dan besi. Karat bisa muncul apabila motor anda tidak dirawat dengan baik atau tidak digunakan dalam jangka waktu yan lama.

Jika hal ini dibiarkan tentu bisa berbahaya, karena akan meneybabkan korosi dan kropos pada bagian besi-besi motor dan bahkan mesin.

 

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat

 

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat

 

Hal terpenting sebelum membersihkan blok mesin motor, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis kotoran apa yang menempel pada blok mesin motor tersubut.

Kenapa kok penting?

Karena dengan kita mengetahui jenis kotoran atau bahkan kerak yang menempel, kita juga bisa tahu alat dan bahan apa yang akan kita gunakan untuk membersihkannya agar terlihat kinclong seperti baru.

 

1. Menggunakan Air Detergent

Pada tahap awal, anda harus membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran ringan yang lain. Hal tersebut bertujuan agar anda dapat membedakan mana kerak yang bisa dibersihkan dengan mudah dan mana kerak yang membandel.

Pada metode ini anda hanya perlu menyediakan air yang sudah dicampur dengan detergent atau cairan pembersih piring seperti Sunlight, Mamalemon dan yang lainnya.

Menggunakan Air Detergent

Cairan yang anda gunakan sebaiknya yang bisa mengangkat noda membande. dan jangan lupa siapkan kain lap untuk membantu membersihkannya.

Caranya basahkan kain lap yang sudah disiapkan dengan menggunakan air larutan detergen yang sudah anda buat tadi.

Selanjutnya usapkan dan gosok-gosok kain lap tersebut kebagian blok mesin agar debu, kotoran dan noda-noda berupa tanah dan bekas oli hilang.

 

2. Mengunakan bensin/solar

Selain mudah terbakar, ternyata Bensin dan solar memiliki sifat membilas. Artinya adalah bensi dan solar dapat mengangkat kotoran, khususnya noda oli yeng terdapat disela-sela mesin dengan sangat cepat.

Membersihkan Blok Mesin Motor dengan menggunakan metode ini yang perlu anda siapkan adalah bensin/solar, wadah penampung (bisa menggunakan baskom kecil), kuas atau bisa juga bisa menggunakan sikat gigi bekas sebagai media pembilas.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membersikan area mesin yang kotor menggunakan sikat gigi atau kuas yang sudah dicelupkan kedalam bensin atau solar, kemudian gosok-gosok pada bagian yang kotor tersebut.

Cara membersihkan ini berbeda dengan cara yang pertama. Dengan menggunakan cara ini, kotoran dan kerak yang membandel akan terbawa langsung oleh molekul bahan bakar.

Sehingga bahan bakar tersebut akan langsung berubah menjadi kehitaman yang menandakan bahwa kotoran pada sela-sela blok mesin sudah terangkat dan mulai hilang.

 

Rekomendasi : Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Bocor, Rusak Atau Mati

 

3. Menggunakan Cairan Pembersih WC/Westafel

Cairan Pembersih wastafel atau toilet (WC) memang ampuh untuk membersihkan kerak dan noda membandel di permukaan closet. Karena itu, cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin motor.

Menggunakan Cairan Pembersih WC

Cara membersihkannya pun sama seperti cara yang dijelaskan sebelumnya. Anda hanya perlu menyiapkan cairan pembersih kloset kedalam suatu wadah.

kemudian siapkan juga sikat kasar  (Anda bisa menggunakan sikat kawat, sikat cuci atau bisa juga sikat gigi).

Celupkan sikat kedalam cairan pembersih westafel, kemudian gosok-gosokkan sikat tersebut pada kerak yang ada dipermukaan mesin, sampai kotoran tersebut terangkat semua.

Setelah itu, anda bisa menggunakan detergent (seperti pada cara no. 2) untuk membersihkan permukaan mesin yang sudah dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih westafel.

 

4. Menggunakan Larutan Asam Cuka

 

Larutan asam cuka banyak digunakan untuk menghilangkan karat dari permukaan besi. Asam yang terkandung dalam cuka akan menghilangkan karat sebagai akibat oksidasi zat besi dengan oksigen.

Menggunakan Larutan Asam Cuka

Blok mesin, juga terbuat dari permukaan logam, sehingga Anda dapat menggunakan cuka asam ini untuk membersihkan permukaan berkarat pada mesin.

Caranya sama dengan langkah no. 3

Anda harus membasahi permukaan mesin yang berkarat menggunakan cuka ini dan menggosoknya dengan sikat. Tetapi larutan asam cuka memiliki efek merusak cat tubuh mesin.

Pada saat Anda melakukan langkah ini, pastikan tidak ada tetesan asam cuka pada bodi motor.

 

5. Amplas Bagian Yang Berkarat

Amplas bagian yang berkarat

Langkah ini dapat diambil jika kondisi mesin dalam kondisi berkarat yang sudah parah. Karat yang terbentuk adalah akibat reaksi air di mesin blok besi.

Oleh karena itu, karat yang berasal dari permukaan blok mesin, bisa dihilangkan dengan melakukan pengamplasan.

Anda dapat menggunakan amplas halus jika permukaan karat masih relatif ringan, dan Anda juga dapat menggunakan amplas yang lebih kasar jika ketebalan karatnya sudah terlalu besar.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor

Jika Anda ingin mencegah karat dari pengendapan pada blok mesin motor, Anda mungkin perlu menyemprotkan cairan pencegahan karat khusus yang dapat mencegah karat jika ada sisa air di permukaan blok mesin.

Tetapi yang paling penting yang membuat sepeda motor Anda berkarat adalah motor jarang digunakandan lebih bangayk waktu menganggurnya.

Bahkan jika ditempatkan di area tertutup, karatnya bisa lebih ringan, tetapi jika tempatnya basah, dapat menyebabkan karat signifikan pada mesin dan bagian-bagian besi lainnya, seperti tangki atau knalpot.

Di sisi lain, motor yang masih digunakan jika tidak pernah dibersihkan, akan lebih tahan terhadap karat, walaupun itu tidak menjamin bahwa debu bisa melekat.

Setidaknya kita bisa membersihkan dengan lebih mudah. Karena membersihkan kerak lebih mudah daripada membersihkan karat.

 

Itulah tadi penjelasan mengana Cara Ampuh Bersihkan Blok Mesin Motor dari Kerak & Karat. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kunjungi terus IDMotoblog untuk informasi seputar dunia otomotif dan lainnya. Terimakasih telah berkunjung.