Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

2 min read

Membuat Nyala Lampu Motor jadi Lebih Terang dengan Dioda

Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda – Lampu adalah sebuah benda yang sangat penting bagi kedaraan bermotor, terlebih jika berkendara pada malam hari. Lampu kendaraan baik itu motor ataupun mobil jika pencahayaannya kurang terang dapat menyebabkan kecelakaan.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara seperti ditilang polisi karena lampu motor matu atau bahkan kecelakaan, sebaiknya anda memperbaiki lampu yng bermasalah tersebut sebelum berkendara.

Sebuah motor memiliki banyak komponen yang lebih penting sehingga jika salah satu komponen tersebut tidak terpenuhi akan menyebabkan motor berjalan kurang baik.

Selain mesin dan pengapian pada motor, lampu penerangan pada motor sangat penting.

Baca Juga : Letak, Kode & Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil

Hal ini digunakan saat sedang melakukan perjalanan malam yang gelap sehingga lampu sangat penting. Jika anda merasa kurang terang, maka buatlah lampu lebih terang.

Jika anda bermasalah dengan lampu yang kurang terang, maka anda dapat melakukan beberapa cara. Berikut merupakan cara membuat lampu terang dengan dioda.

Ada beberapa cara membuat lampu lebih terang seperti membuat lampu terang dengan dioda. Berikut merupakan beberapa cara membuat lampu terang

 

Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda dan Cara Lainnya

 

Lampu adalah salah satu komponen yang penting pada kendaraan bermotor. Jika kendaraan tidak memiliki lampu, maka akan sangat berbahaya jika harus berjalan pada malam hari. Hal inilah yang menyebabkan lampu penerangan sangatlah penting.

Selain itu lampu juga membuat anda bisa melihat jalan sehingga hal ini juga merupakan faktor keamanan yang harus bena- benar anda perhatikan. Jika kurang terang makan anda hanya perlu mencoba membuat lampu anda lebih terang.

Ada beberapa cara dan salah satunya adalah membuat lampu terang dengan dioda. Berikut ini adalah cara membuat lampu menjadi terang.

 

1. Gunakan Dioda pada Lampu Led

Lampu led memiliki cahaya lebih terang karena memiliki rangkaian dioda. Hal inilah yang menyebabkan cara membuat lampu terang dengan dioda menjadi lebih mudah.

Selain membuat lebih terang lampu pada motor, hal ini mempengaruhi pula pada penggunaan listrik pada motor.

Mengapa demikian? Karena motor yang menggunakan lampu lebih hemat dalam penggunaanya.

.

2. Memasang Arus Lampu Menggunakan Baterai Langsung

Cara kedua selain membuat lampu terang dengan dioda adalah memasang baterai langsung untuk meningkatkan intensitas chaya pada lampu motor anda.

Pada dasarnya baterai akan berfungsi sebagai cadangan arus listrik yang akan dijadikan sebagai stabilizer pada arus.

Sehingga saat motor ada pada keadaan low RPM, maka lampu motor akan tetap terang karena menggunakan baterai motor sebagai salah satu penyuplai arus listik pada lampu motor anda.

 

3. Memasang Relay ke Baterai Langsung

Untuk menghubungkan baterai langsung dengan lampu maka anda harus memasang relay untuk membuat lampu terang dengan dioda.

Relay ini berfungsi sebagai penghubung atau jembatan yang akan menghubungkan arus listrik dengan baterai langsung. Hal ini sangat efektif sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika anda merasakan lampu yang anda miliki kurang terang.

Jika anda tidak menggunakan relay, maka anda bisa saja meningkatkan hambatan pada rangkaian yang mengalir pada lampu. Pada akhimya rangkaian lampu harus melewati relay agar cahaya maksimal.

 

4. Gunakan Kiprok Standar

Kiprok standar akan meningkatkan pengeluaran cahaya yang anda miliki pada motor anda. Hal inilah yang menyebabkan anda dapat membuat lampu terang dengan dioda.

Pada dasarnya penggunaan kiprok standar akan membuat pengisian normal sehingga voltage stabilizernya lebih baik dibandingkan menggunakan kiprok yang dijual terpisah.

Hal baiknya menggunakan kiprok standar adalah aki tidak cepat soak sehingga anda bisa merawat aki anda walaupun pada akhirnya tegangan pengisiannya agak lama apabila dibandingkan dengan menggunakan kiprok yang dijual terpisah. Inilah alasan anda harus menggunakan kiprok standar.

 

Baca Juga :

 

Tutorial Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Bahan bahan

  • Fiting lampu
  • kabel secukupnya
  • Dioda 6 ampere 3 buah
  • Dioda 1 ampere 1 buah

Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Proses Pengerjaan

  1. Tiga buah dioda yang berkapasitas 6 ampere di jadikan sebagai rangkaian paralel seperti pada gambar. Dimana yang ada kode lingkaran putih yang menunjukan positif, usahakan jangan sampai ketukar
  2. Kemudian sambungkan kutub positifnya ke dalam kontak dan kutub negatif nya ke bagian kabel minus yang ada di fiting lampu.
  3. Setelah itu, kabel minus yang ada di fiting di potong dan di sambungkan ke bagian negative yang ada di rangkaian dioda tadi.
  4. Selanjutnya kutub positif pada dioda yang 1 ampere tadi di sambungkan ke bagian fiting lampu jauh. Dioda 1 ampere berfungsi agar sensor lampu jauh yang ada di motor anda bisa mati. Dengan cara ini anda dapat merubah rubah sendiri mau dipakai lampu jauh atau lampu dekat.
  5. Kemudian bagian kutub lainnya disambungkan dengan saklar external yang bakal di pasang, jadi anda bisa mengatur kapan mau pakai Boosternya.

 

Note : Booster lampu bisa anda gunakan pada pada semua jenis motor yang menggunakan sistem kelistrikan AC. (Baca : Cara Merubah Arus Ac ke Dc Pada Motor dengan Mudah)

 

Sudah dijelaskan beberapa cara membuat lampu terang dengan dioda dan cara – cara lainnya. Semoga anda dapat menemukan solusi dengan membaca artikel yang satu ini. Keselamatan adalah nomor satu dan dengan lampu terang akan meningkatkan keselamatan anda di jalan.