Tips Membuka Dan Mengganti Bearing CVT

1 min read

Cara Melepas Dan Mengganti Bearing CVT

Tips Membuka Dan Mengganti Bearing CVT Pada sebuah roda kendaraan terdapat sbuah komponen bernama bearing. Bearing pada roda kendaraan berfungsi sebagai penyangga roda.

Meskipun bearing tersebut tidak 100% duduk, dia akan bergerak berputar sama cepatnya dengan putaran roda. Apabaila bearing tersebut rusak dan pecah, pasti kinerja putaran roda tidak akan normal dan tersendat.

Jika tidak segera diperbaiki atau diganti,  bisa jadi kerusakannya akan bertambah kebagian yang lain. Hal ini juga bisa mneybabkan bunyi beriksik pada putaran roda motor, khususnya motor matic.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Bocor, Rusak Atau Mati

Contohnya pada Honda Beat, jika bearing sudah rusak, maka akan terdengar suara kletek kletek atau grok grok pada bagian blok CVT dan suara itu memang berasal bearing yang ada di rumah CVT yang kondisinyasudah aus boshing kuningannya.

Jika sudah seperti ini, maka bearing tidak akan bisa menahan putaran pulley yang ada di bagian belakang.

Sebenarnya solusi untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan cara melepas blok CVT. Kemudian membawa langsung ke bengkel terdekat yang memiliki alat lengkap dan minta untuk dilepaskan.

Baca Juga : Membuat Nyala Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Namun, anda tidak haus kebengkel untuk bisa membuka atau melepas serta mengganti bearing CVT, karena anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti tutorialnya.

Pada postingan ini, kami akan membagikan kepada anda mengenai Tips melepas dan cara mengganti bearing CVT dengan benar dan cepat. Untuk lebih jelasnya silakan baca sampai habis.

 

Cara Membuka Dan Mengganti Bearing CVT

Peralatan untuk Melepas Dan Mengganti Bearing CVT

Peralatan :

  • Obeng Kembang
  • Kunci T-8 mm,
  • Kunci 16 mm,
  • Kunci pas 14
  • Bearing remover harga CVT (usahakan gunakan bearing yang ori atau asli)

 

Tutorial Cara Membuka dan Ganti Bearing CVT

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah baut 8 mm pada box CVT. Baut tersebut ada 13 buah dengan ukuran 8 mm yang merupakan sanggahan dasar dari cover CVT.
  2. Kemudian buka juga cover plastik yang ada didalamnya. Karena ada baut yang harus anda buka juga dari belakangnya.
  3. Cara membukanya adalah dengan cara dikendorkan bautnya datau persatu dan jangan ada yang dilepas dulu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan baut yang belum terlepas menjadi mudah untuk dilepaskan.
  4. Jika CVT sudah terbuka, anda harus selalu berhati-hati karena pada box terdapat paking atau gasket. Apabila paking tersebut sudah terlanjur robek dan rusak, anda harus menggantinya. Untuk part yang menggunakan kode 5TL-E5411-00-33 biasaya dijual dengan harga sekitar 20 ribu rupiah.
  5. Anda bisa menggunakan bearing remover agar bisa membuka bearing CVT dari sarangnya. Dengan cara masukan bearing rotor tip, kemudian kencangkan mamakai kunci 14 dan 16, perlu diingat yang arahnya berlawanan.
  6. Walaupun hanya tinggal membukanya saja, anda tetap harus berhati-hati karena sistemnya tarik. Sehingga harus menggunakan tenaga yang lebih.
  7. Jika akanmenggnati bearing, anda bisa menggunakan  part no 93300-638Y6 dan 628Z untuk seri beringnya. Tentu saja agar semakin mantap. Sebelum dipasang, lumuri terlebih dahulu dengan gemuk atau paselin pada bearing tersebut.

 

Silakan lihat video berikut ini, untuk lebih jelasnya.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Cara Melepas Dan Mengganti Bearing CVT yang bisa admin bagikan untuk anda.

Artikel Lainnya :

Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.