Cara Mengatasi Oli Keluar dari Pernafasan Mesin

2 min read

Oli Keluar dari Pernafasan Mesin

Mengatasi Oli Keluar dari Pernafasan Mesin Apabila berbicara mengenai komponen dari sepeda motor, maka hal yang tidak bisa dipungkiri adalah penggunaan oli sebagai kebutuhan untuk sepeda motor itu sendiri.

Oli merupakan cairan pelumas yang sangat dibutuhan oleh setiap kendaraan bermotor, terutama untuk melumasi komponen-komponen yang ada didalam mesin agar tetap terjaga dari keausan maupun karat.

Agar kualitas oli yang ada didalam mesin tetap terjaga kulaitasnya, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Namun, itu semua tergantung bagaimana anda menggunakan dan melakukan perawatan terhadap motor yang anda miliki dan gunakan.

Salah satu hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengguankan motor secara wajar, tidak digunakan untuk ugal-ugalan ataupun balapan. Kemudian anda juga melakukan servis rutin dan jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala.

Baca Juga : Cara Merubah Arus Ac ke Dc Pada Motor dengan Mudah

Oli adalah salah sebagian komponen yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan. Adapun beberapa masalah oli keluar dari pernafasan mesin yang dapat anda atasi.

Jika anda memiliki kendaraan, entah itu motor atau mobil, pastinya akan sering dilakukan servis untuk menjaga keadaan kendaraan anda memiliki performa yang baik. Salah satu yang sering dicek adalah oli.

Komponen yang satu ini sangat penting karena jika tidak diganti akan merusak mesin. Terkadang terdapat masalah pada oli.

Salah satu masalah tersebut adalah masalah oli keluar dari pernafasan mesin. Jika anda ingin mengetahui penyebabnya, berikut akan dijelaskan penyebab oli dapat keluar dari mesin.

 

Cara Mengatasi Oli Keluar dari Pernafasan Mesin

 

Oli Keluar dari Pernafasan Mesin

 

Jika anda memang memiliki kendaraan bermotor, maka sangat penting bagi anda untuk menjaga performa motor anda.

Jika anda rajin mengecek motor anda, maka anda juga pastinya selalu mengganti oli secara rutin untuk meningkatkan performa motor anda.

Hal inilah yang menjadi penyebab untuk anda untuk mengganti oli. Selain itu oli yang tidak diganti akan merusak motor secara perlahan – lahan hingga merusak motor secara permanen yang dapat menyebabkan turun mesin.

Kemudian ada pula masalah oli keluar dari pernafasan mesin yang biasa dikeluhkan. Anda harus mengetahui penyebabnya sehingga anda dapat mengatasinya dengan baik.

Baca Juga :

 

Mengisi Oli Secara Manual

Jika anda mencoba mengisi oli secara manual, mungkin saja masalah oli keluar dari pernafasan mesin akan terjadi.

Hal ini dikarenakan mungkin ada beberapa bagian yang harusnya anda keluarkan agar anda yang tidak anda lakukan.

Saran yang tepat adalah lakukan pergantian oli kepada ahlinya atau anda belajar bersama ahli untuk mengganti oli. Tentu pula anda harus memiliki peralatan yang mumpuni pula.

 

Oli Mesin terlalu Banyak

Penyebab masalah oli keluar dari pernafasan mesin secara umum adalah oli yang kebanyakan dalam mesin motor anda. setiap motor memilki kapasitas penampungan oli yang berbeda – beda.

Jika anda memang memiliki mesin yang memiliki kapasitas oli yang tidak terlalu banyak, maka jika anda mengisinya terlalu banyak akan menyebabkan oli keluar untuk menyesuaikan dengan kapasitas oli yang dapat ditampung.

 

Kapasitas yang kecil

Alasan lain yang dapat menyebabkan terjadinya masalah oli keluar dari pernafasan mesin adalah kapasitas mesin cukup kecil untuk menampung banyaknya oli.

Hal ini dapat mengakibatkan oli yang anda tampung menjadi terlalu banyak sehingga motor anda secara perlahan – lahan mengeluarkan oli.

Jika hal ini terjadi, maka anda hanya perlu mengisi oli sesuai dengan takaran atau bisa saja anda mengetahui sesuai takaran yang memudahkan anda agar anda tidak mengalami kebocoran oli.

 

Gunakan Oli Asli

Saat ini banyak produsen oli yang mulai menciptakan oli. Namun tetap saja oli harus esuai dengan kendaraan anda atau harus sesuai dengan yang distandarkan.

Hal ini menjadi salah satu perhatian karena oli yang abal – abal dapat menjadi salah satu penyebab masalah oli keluar dari pernafasan mesin.

Tentu saja, oli abal – abal terkadang memiliki kekentalan yang tidak sesuai sehingga dapat menyebabkan keausan pada mesin anda lebih cepat.

 

Ring Piston Aus

Kondisi Ring Piston yang sudah aus pasti akan mneyebabkan mesin motor menjadi tidak bertenaga dan juga bisa menyebabkan oi mesin keluar kesaringan udara melalui sellang pernapasan.

Hal tersebut bisa terjadi karena tekanan dari kompresi pembakaran pada mesin mengalami kebocoran, sehingga tekanan pada kompresi yang ada tidak dapat dtahan sepenuhnya oleh Ring piston.

Sebagian dari kompresi tersebut dapat menembus ruang mesin dan menyebabkan oli pada ruang mesin terdorong keluar menuju saringan udara melalui saluran pernapasan mesin.

Jika sudah terjadi masalah seperti diatas, sebaiknya segera ganti Ring Piston yang sudah aus atau rusak tersebut dengan yang baru. Akan lebih baikmlagi jika anda menggunakan suku cadang yang asli.

Baca Juga : 

Demikianlah penjelasan mengenai Penyebab & Cara Mengatasi Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin.

Dengan adanya penjelasan diatas Harapannya anda harus sedikit berhati – hati agar anda dapat memiliki mesin motor yang baik.