Cara Merubah Arus Ac ke Dc Pada Motor dengan Mudah

2 min read

Cara Merubah Arus AC ke DC

Cara Merubah Arus Ac ke Dc Pada Motor – Pada postingan ini, akmi akan membahas menganai cara merubah arus AC ke DC pada sepeda motor. Agar anda lebih paham dan lebuh mudah dalam untuk mnegerti penjelasan ini, silakan baca sampai habis.

Memiliki kendaraan motor merupakan suat kebanggaan jika anda menggunakannya dan merawatnya dengan baik. Oleh karena itu anda harus menjaga dengan semaksimal mungkin karena hal ini memiliki risiko yang tinggi jika motor anda mengalami kerusakan.

Adapun arus kelistrikan yang perlu anda pahami dalam motor anda. terdapat dua arus yang bisa dijalankan dalam kendaraan bermotor anda. Berikut akan dijelaskan secara ringkas bagaimana cara dalam mengubah Arus AC ke DC pada motor yang anda miliki.

Baca Juga : Cara Mudah Menghubungkan HP ke Audio Mobil

Arus AC pada sepeda motor merupakan arus kelistrikan untuk lampu yang mengikuti putaran mesin, yang mana jika mesin motor menyala barulam lampu pada motor tersebut ikut menyala juga.

Sedangkan Arus DC adalah arus kelistrikan untuk lampu yang tidak mengikuti putaran mesin, ini merupakan kenbalikasn dari kelistrikan AC.

Sepeda motor yang sudah menggunakan arus DC, dapat menyalakan lampu tanpa harus menghidupkan mesin motor terlebih dahulu. Arus DC akan menhasilkan cahaya yang lebih stabil karena tidak mengikuti putaran mesin.

Sekarang sudah banyak pengguna sepeda motor lama yang merubah kelistrikan dari AC ke DC. Hal ini sering dilakukan untuk pemasangan lampu HID dan LED atau sejenisnya.

Tentu saja hal ini dilakukan karena sistem kelistrikan DC dapat menghasilkan daya listrik yang sangat stabil dan lampu sepenuhnya kan mendapat arus dari aki sepeda motor anda tanpa harus menghidupkan mesin terlebih dahulu.

Baca Juga : Letak, Kode & Fungsi Sekring Pada Kelistrikan Mobil

Apabila anda ingin merubah arus AC ke DC pada motor yang anda gunakan naun tidak mengtahui caranya, sebaiknya anda tidak perlu khawatir.

Karena pada postingan ini admin akan menjelasakan mengenai Cara Mudah untuk Mengubah Arus AC ke DC Pada Motor.

Penjelasan yang akan kami bahas ini merupakan penjelasan yang sudah admin rangkum dengan baik, sehingga akan lebih mudah untuk anda pahami.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelsannya berikut ini.

 

Cara Merubah Arus AC ke DC

 

Cara Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Pada Motor

Anda harus terlebih dahulu memahami arus AC dan DC yang ada pada kelistrikan motor. Pada dasarnya arus AC adalah arus kelistrikan lampu motor yang dapat menyala jika sistem putaran motor hidup.

Hal inilah yang menyebabkan jika motor hidup, maka listrik akan menyala. Sedangkan  untuk arus DC, maka anda akan mendapatkan listrik tanpa menggunakan putaran mesin.

Hal ini menandakan bahwa Arus DC tidak memerlukan putaran pada mesin. Jika anda ingin mengubah arusnya, ikuti beberapa langkah dalam mengubah Arus AC ke DC pada motor dengan mudah.

Adapun cara untuk merubah arus kelistrikan Ac ke Dc secara sederhana pada motor diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Merubah Arus AC ke DC

 

1. Lengkapi Peralatan

Alat – alat yang perlu anda siapkan untuk mengubah Arus AC ke DC pada motor adalah isolasi, kabel, cutter, dan tes pen DC. Anda bisa menemukannya di toko yang menyediakan kabel ataupun ke bengkel yang menyiapkan peralatan dan perlengkapan servis motor.

Alat Dan Bahan :

  • Test pen DC
  • Isolasi yang kuat
  • Gunting ataupun pisau cutter
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan

 

2. Tentukan Kabel untuk lampu

Cara mengubah Arus AC ke DC pada motor yang selanjutnya adalah mengetahui kabel yang digunakan untuk low beam dan high beam pada motor.

Pada setiap motor berbeda – beda sehingga anda perlu mengetahui pula warna kabel untuk lampu sesuai dengan motor yang anda miliki saat ini.

Tentu saja anda dapat menemukannya dengan cara mencari di internet. Kemudian ketahui socket yang terhubung dengan lampu.

 

3. Melepaskan Socket

Kemudian setelah mengetahui socketnya, maka cara untuk mengubah Arus AC ke DC pada motor selanjutnya adalah melepas socket.

Anda hanya perlu mencongkelnya dengan menggunakan obeng. Lalu setela lepas kemudian dapat dihubungkan ke saklar on/off pada aki agar bisa di jumper dengan kontak motor.

 

4. Lakukan dengan Hati – Hati

Anda perlu mengubah Arus AC ke DC pada motor secara hati – hati. Karena salah pada posisi kabel maka dapat menyebabkan kegagalan pada arus listrik yang dimiliki oleh motor anda.

Hal seperti inilah yang akhirnya menyebabkan motor anda tidak akan memiliki tenaga kelistrikan. Inilah yang perlu lakukan dengan hati – hati saat mengganti arus.

 

5. Pasang Kiprok

Pasang kiprok jika diperlukan jika anda memang perlu dan membutuhkannya. Jangan lupa pula kabel yang belum disabungkan perlu anda sambungkan menggunakan isolasi yang sudah anda miliki. Hal ini menjaga agar arus listrik dapat berjalan dengan baik.

 

6. Periksa Voltase

Jika anda memang sudah selesai dengan tahapannya, maka proses mengubah Arus AC ke DC pada motor yang terakhir adalah mengecek voltase agar tidak mencapai diatas 12,4 V.

Jika berada diatas 12,4 V maka dapat dipastikan akan lebih awet dan tidak tekor pada penggunaan aki untuk kendaraan motor anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Itulah taadi penjelasan mengenai cara mengubah Arus AC ke DC pada motor sudah dijelaskan untuk anda. Semoga anda bisa mengubah arus AC menjadi DC pada motor anda.

Dalam melakukan hal ini, Tentu saja anda perlu bimbingan ahli saat melakukan perubahan arus tersebut.