Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah

2 min read

Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah

Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah Setiap pengguna kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat pasti pernah memiliki sbuah masalah pada kendaraan yang dimilikinya. Kondisi kendaraan memang tidak selamanya normal dan sehat terus, karena pasti ada saja masalah yang muncul.

Hal ini hampir sama saja denagn manusia yang tidaklah selamanya akan sehat, karena suatu saat pasti pernah mengalami sakit.

Sudah selayaknya jika motor harus selalu di servis untuk mempertahankan peformanya. Jadi pada saat pemakaian akan banyak masalah yang terjadi pada kendaraan motor.

Baca Juga : Cara Merubah Arus AC ke DC Pada Motor dengan Mudah

Beberapa masalah yang terjadi dapat menyebabkan motor turun mesin atau bahkan tidak dapat digunakan lagi. beberapa masalah yang dapat terjadi adalah seperti kebocoran oli, mesin tersendat, ataupun motor brebet di putaran bawah.

Jika anda mengalami masalah tersebut, maka setidaknya anda harus mengetahui penyebab yang menjadikan motor anda brebet. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab motor brebet di putaran bawah.

Masalah kendaraan bermotor dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada motor. Berikut merupakan beberapa penyebab motor brebet diputaran bawah untuk anda.

 

Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah

 

Masalah yang menumpuk pada motor dapat menjadi salah satu alasan penyebab motor brebet di putaran bawah. Gejala yang diperlihatkan biasanya motor tersendat atau susah untuk dijalankan kemudian pada akhirnya akan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu untuk mengetahui alasan yang tepat mengapa motor anda bisa seperti itu, maka anda berhak mengetahui alasannya.

Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas tentang beberapa penyebab motor anda brebet di Putaran Bawah.

 

1. Bahan Bakar Habis

Bahan bakar habis menjadi salah satu penyebab motor brebet di putaran bawah yang paling sering terjadi.

Jika spedometer anda tidak dapat memperlihatkan isi tangki bensin anda, maka bisa jadi brebet yang anda alami akibat bensin anda yang sudah mulai habis.

Jika anda memang ingin hal tersbut tidak terjadi, maka sering – seringlah anda mengecek tangki bensin anda.

 

2. Pengapian Kurang Bagus

Cek Busi

Jika motor anda masih terjadi brebet, maka salah satu penyebab motor brebet di putaran bawah adalah pengapian yang kurang baik sehingga anda perlu mengecek busi.

Busi yang tidak baik dan terlalu panas juga akan menyebabkan motor anda brebet. Oleh karena itu jika anda ingin mengganti busi, gunakan saja busi dingin agar tidak menyebabkan pengapian pada saat motor dinyalakan menjadi terlalu panas.

 

3. Cek Fuel Pump

Salah satu komponen yang dapat menyebabkan penyebab motor brebet di putaran bawah adalah fuel pump. Jika anda tidak membersihkan komponen ini dengan baik, maka hal itu dapat menjadikan alasan motor anda menjadi brebet.

Selain itu kekencangan fuel pump dapat berakibat pada tekanan fuel pump. Oleh karena itu anda harus mengetahui kekencangannya agar anda dapat merawat motor anda agar tidak brebet.

 

4. Cek Karburator

Karburator

Jika semua hal tersebut sudah ada cek dan tetap saja terjadi brebet, maka bisa saja alasan atau penyebab motor brebet di putaran bawah adalah karburator yang anda miliki.

Hal ini pada umumnya terjadi kerusakan pada penampung dan needle valve pada karburator.

Jika dua komponen ini rusak, maka pada akhirnya hal inilah yang menyebabkan motor anda menjadi brebet. Usahakan untuk mengeceknya secara berkala pula saat servis.

 

5. Tangki Kotor

Tangki Motor ytang kotor juga bisa menjadi penyebab motor mengalami brebet diputaran bawah. Tangki kotor dapat diakibatkan dari kerak yang terjadi akibat mengisi bensin secara eceran.

Kerak yang menempel pada tangki akan menumpuk dan perlahan – lahan dapat menganggu proses pembakaran pada mesin. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan brebet pada motor anda. Oleh karena itu anda jangan terlalu sering mengisi bensin yang beli di eceran.

 

6. Filter Udara Kotor

Filter Udara Kotor

Filter Udara pada sepeda motor anda kotor itu terjadi karena kurangnya perawatan. Filter udara yang kotor dapat menyumbat saluran pembuangan pada karburator motorn anda. Hal ini lah yang menyebabkan motor akan brebbet diputaran bawah.

Artikel Lainnya :

Apabila semua masalah pad penjelasan diatas sudah anda cek, namun belum bisa teratasi, sebaiknya segera bawa motor anda kebengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda untuk tindakan lebih lanjut.

Biasanya ketika anda menyervis sepeda motor di bengkel resmi, pihak bengkel akan mengecek dan memperbaiki keseluruhan komponen yang mnegalami masalah pada motor anda.

Sudah dibahas beberapa penyebab motor brebet di putaran bawah yang bisa anda ketahui. Semoga anda bisa mengatasinya dengan baik sehinga anda tidak lagi mengalami masalah brebet pada motor anda.